TEBO  

Launching Perdana Penyaluran Pupuk dan Pestisida di Muara Tabir, Ini Tanggapan Eko Pramuna Putra


DJ ~ TEBO – Eko Pramuna Putra, S.H, Ketua Asosiasi Perkebunan Sawit Mandiri Rakyat Indonesia (APEKSMART-INDONESIA) Kabupaten Tebo mengucapkan selamat dan sukses kepada Kelompok Tani Sumber Rezeki Desa Sungai Jernih, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi yang telah menerima penyaluran bantuan Sarana Prasarana Intensifikasi (Pupuk dan Pestisida) pada Sabtu 9 Desember 2023.

Launching Perdana Penyaluran Sarana Prasarana Intensifikasi yang pendanaanya bersumber dari Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang dilaksanakan di Balai Dusun Tanah Harapan Desa Sungai Jernih yang dihadiri oleh Sekdis Bunnakkan Tebo, Ketua Apeksmart-Indonesia Tebo, Kapolsek Muara Tabir, Sekcam Muara Tabir, Kepala BPP Muara Tabir, Kades Sungai Jernih, Ketua Kelompok Tani Tanjung Harapan Bersama Sungai Bengkal, Ketua Kelompok Tani Usaha Baru Muara Ketalo, Ketua Kelompok Tani Prima Jaya Bengkal Kelurahan Sungai Bengkal dan Ketua Kelompok Tani Sumber Rezeki Sungai Jernih berserta anggota.

” Ini tentunya menjadikan Kabupaten Tebo sebagai penerima bantuan sarana prasarana untuk pertama kali atau perdana dalam mendapat Bantuan Intensifikasi Pupuk dan Pestisida BPDPKS. Ini juga merupakan capaian yang luar biasa bagi pemerintah daerah Kabupaten Tebo,” kata Eko Pramuna dalam sambutannya.

Dia juga mengatakan, Kelompok Tani Sumber Rejeki merupakan salah satu dari Kelompok Tani binaan kita. Saya selaku ketua Asosiasi komunikasi intens dengan pihak BPDPKS agar pelaksanaan penyaluran disegerakan, dan Alhamdulillah hari ini terealisasi.

” Untuk tahun ini sudah enam kelompok tani, yakni Kelompok Tani Usaha Baru Muara Ketalo, Prima Jaya Bengkal, Tanjung Harapan Jaya Bersama Kelurahan Sungai Bengkal, Tunas Lestari Rimbo Ulu, Jaya Tani Rimbo Ulu dan Kelompok Tani Mekar Sari Sepakat Bersatu Rimbo Ilir yang telah Rekomtek (Rekomendasi Teknis) Provinsi menunggu Rekom Ditjenbun untuk pengajuan Sarpras BPDPKS Intensifikasi, semoga dalam waktu dekat akan segera terealisasi juga, dan Kelompok Tani Sumber Rejeki menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya khususnya di Kabupaten Tebo,” tutur Eko.

“Asosiasi Perkebunan Sawit Mandiri Rakyat Indonesia (APEKSMART-INDONESIA) sudah membangun kerjasama kemitraan dengan BPDPKS dalam pembangunan Sawit Berkelanjutan, agar kedepan para petani sawit bisa mendapatkan hasil yang maksimal” pungkasnya.

Riswan Pasaribu,.SP, Sekretaris Dinas Perkebunan, Peternakan dan Perikanan (Disbunnakkan) Tebo dalam sambutannya juga mengucapkan selamat kepada Kelompok Tani Sumber Rezeki yang baru saja Launching Perdana bantuan pupuk dan pestisida.

” Ini bantuan Intensifikasi (Pupuk dan Pestisida) program BPDPKS perdana dikabupaten Tebo. Nanti akan ada sejumlah kelompok tani binaan Asosiasi yang menyusul,” sebut Riswan.

Dia berharap dengan adanya bantuan program Sarpras yang bersumber dari dana BPDPKS ini, kedepannya hasil produksi petani bisa meningkat.

Riswan Pasaribu menjelaskan, kelompok tani Sumber Rezeki dengan luas lahan 69,88 Hektar menerima bantuan berbentuk pupuk dan pestisida dengan nilai kurang lebih 2,2 Milyar.

” Untuk penyaluran tahap pertama yang kita serahkan tadi, pupuk sebanyak 38 Ton termasuk Kieserite, herbisida 72 liter. Bantuan ini akan disalurkan selama 4 tahap, tahap selanjutnya akan disalurkan 6 bulan kemudian,” jelasnya. (*)

You cannot copy content of this page

Verified by MonsterInsights