Sigap! TNI AL Berhasil Evakuasi Dua ABK TB. Bintan Karisma 5

TNI AL Samuda berhasil evakuasi dua anak buah kapal (ABK) TB. Bintan Karisma 5 yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja di Tongkang BKL

DJ ~ JAKARTA, – 17 Desember 2023– TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) Lanal Banjarmasin yang bertugas di Pos Binpotmar TNI AL Samuda berhasil evakuasi dua anak buah kapal (ABK) TB. Bintan Karisma 5 yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja di Tongkang BKL 05, Sabtu (16/12).

Kejadian bermula saat salah satu ABK TB Bintan Karima 5 bernama Muslim melihat tongkang dalam posisi miring dan segera memeriksa bagian tanki tongkang yang menyebabkan kemiringan melalui hole untuk menguras air di dalam tanki tersebut, tetapi karena tanpa menggunakan pengaman yang sesuai menyebabkan saudara Muslim lemas dan pingsan dalam tanki tongkang.

Melihat kejadian tersebut ABK lainnya bernama Andi Muhammad Fatar Udani yang berprofesi sebagai Kepala Kamar Mesin (KKM) sontak berteriak meminta tolong kepada ABK lainnya dan bergegas turun menyelamatkan rekannya tanpa menggunakan pengaman juga, hal tersebutlah yang akhirnya membuat ABK bernama Andi mengalami kondisi yang sama dengan rekannya. Alhasil ABK lainnya segera meminta tolong melalui sinyal radio.

Binpotmar TNI AL Samuda Peltu Mus Taufik yang saat sedang melaksanakan jaga Pos mendengar permintaan bantuan dari TB. Bintan Karisma 5 tersebut dan segera melaporkan kepada Komandan Pos Letda Laut (P) M. Subkhan, dengan cepat memerintahkan 4 personel TNI AL untuk segera meluncur ke TKP menggunakan Speed boat 85 PK guna memberikan pertolongan dan berkoordinasi dengan instansi lain terkait kejadian tersebut.

Setibanya di TKP, Tim SFQR berkoordinasi dengan Nahkoda dan segera melakukan evakuasi dilakukan dengan menggunakan tali dan ganco yang dikaitkan ke celana korban.

Selanjutnya kedua korban berhasil dievakuasi dan diturunkan dari kapal tongkang untuk selanjutnya dibawa menuju Pos Binpotmar Samuda menggunakan Tug Boat.

Sesampainya di Pos, Jenazah diserahkan kepada Bapak Yani sebagai perwakilan keagenan PT. SPAJ. Sekitar pukul 11.05 WIB ambulance berangkat dari Pos menuju RSUD Murjani Sampit untuk melaksanakan pemeriksaan lebih lanjut.

Atas kejadian tersebut Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., menghimbau kepada seluruh ABK Kapal agar selalu melengkapi peralatan keselamatan kerja untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, di berbagai kesempatan telah memerintahkan prajuritnya untuk berperan aktif secara profesional, bergerak cepat dalam mendukung kegiatan dan sigap membantu saat ada kejadian terutama di perairan nusantara.(*)

You cannot copy content of this page

Verified by MonsterInsights