Karhutla Kembali Terjadi di Wilayah Petuk Katimpun dan Bukit Tunggal


DJ ~ KALTENG – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kota Palangka Raya. Dua wilayah yakni Kelurahan Bukit Tunggal dan Kelurahan Petuk Katimpun menjadi sasaran si jago merah.

Saat ini tim gabungan Satgas Karhutla Kota Palangka Raya berupaya memadamkan karhutla di dua wilayah tersebut.

Plh Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani saat meninjau lokasi Karhutla mengatakan titik api terbaru saat ini terjadi di antara dua wilayah jalan Danau Sari Kelurahan Bukit Tunggal dan Kelurahan Petuk Katimpun Kota Palangka Raya.

Hembusan angin kencang memaksa api yang berasal dari Jalan Danau Sari terus merembet ke wilayah Petuk Katimpun yang merupakan lahan rawa gambut.

Emi menuturkan lahan yang sudah terbakar kali ini diperkirakan mencapai puluhan hektare. Sementara upaya pemadaman terkendala akibat sumber air yang mulai kering dan area yang dipadamkan pun sangat luas.

“Karena masih belum di-tracking, kami perkirakan luas lahan yang terbakar mencapai puluhan hektare dan ini menjadi kendala tim di lapangan dalam upaya pemadaman selain sumber air yang mulai kering,” ucapnya, Selasa (29/8/2023).

Dengan kejadian Karhutla yang cukup luas ini, dirinya menginstruksikan untuk tim di lapangan agar tetap memfokuskan upaya pemadaman apalagi Kelurahan Petuk Katimpun merupakan wilayah yang sangat rentan mengalami Karhutla.

“Saat ini sudah selesai dilakukan pemadaman, namun kita lihat sendiri kondisi lahan masih berasap dan bisa dikatakan belum tuntas sehingga nanti akan dilakukan upaya pendinginan lahan,” pungkasnya.(Lawi)

You cannot copy content of this page

Verified by MonsterInsights