Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-78 Digelar di Halaman Kantor Gubernur


DJ ~ PALANGKARAYA – Dalam amanat Gubernur yang dibacakannya, Wagub mengatakan bahwa kemerdekaan yang kita nikmati saat ini diraih melalui perjuangan berat dan panjang para pahlawan bangsa, yang gigih dan tidak kenal menyerah melawan penjajah.

“Sepatutnya kita mengenang dan menghargai jasa-jasa besar para pejuang kemerdekaan itu, dengan cara melanjutkan perjuangannya untuk membangun bangsa Indonesia yang maju, adil, sejahtera, dan berdaulat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, bangsa Indonesia telah berhasil keluar dari ujian berat pandemi COVID-19. “Semua itu tentu berkat dukungan dan kerja keras kita bersama, seluruh elemen bangsa, tak terkecuali kita di Provinsi Kalimantan Tengah,” ujar Wagub.

Dipaparkan bahwa, pertumbuhan ekonomi Kalteng tahun 2022 meningkat menjadi 6,45 persen, lebih tinggi dari angka nasional yang tumbuh 5,31 persen. Laju inflasi juga bisa dikendalikan, di mana pada bulan Juli 2023 sebesar 3,19 persen.

Penanganan stunting di Kalimantan Tengah masih terus berlanjut dan menunjukan perbaikan ke arah positif, seiring dengan penurunan angka stunting, yang berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) sebesar 26,9 persen di tahun 2022, lebih rendah dari Tahun 2021 yang sebesar 27,4 persen.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga fokus dalam sektor pembangunan infrastruktur untuk aksesibilitas dan pengembangan potensi daerah, diantaranya peningkatan kuantitas dan kualitas jalan, pembangunan RSUD Tipe B di Hanau, Pembangunan Bundaran Besar dan Bundaran Mahir Mahar, penataan Waterfront City Sungai Kahayan dan rencana pengembangan Kawasan Wisata Sebangau.

“Saya berharap, peringatan HUT RI ini dapat menjadi momentum bagi kita untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi, bahu-membahu memacu kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” kata Wagub.

Gubernur melalui Wagub juga menyampaikan pesan agar kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) harus benar-benar ditingkatkan. Selain itu semua komponen masyarakat bersama-sama diharapkan mengawal dan mensukseskan Pesta Demokrasi Tahun 2024, agar berlangsung bersih, lancar, aman, damai, dan kondusif.

Peringatan HUT Kemerdekaan yang pada tahun ini mengusung tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” tersebut dirangkai pula dengan pemberian remisi bagi warga binaan pemasyarakatan serta penyerahkan sejumlah piagam penghargaan dan tropi.

Turut hadir antara lain Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah Nuryakin, sejumlah Bupati/Walikota se-Kalteng, para Kepala Perangkat Daerah, para veteran, wredatama dan warakawuri.

 

Penulis: Lewi p.laban

Editor : Redaksi

You cannot copy content of this page

Verified by MonsterInsights