JAMBI  

Jelang Pemilu 2024, Intelkam Polda Jambi Ajak Ketua SMSI Propinsi Jambi Bangun Narasi Positif di Ruang Publik

Jaga Situasi Kamtibmas Jelang Pemilu, SMSI Provinsi Jambi Silaturahmi Bersama Intelkam Polda Jambi

DETEKSIJAMBI.COM ~ JAMBI, Direktorat Intelkam Polda Jambi menggelar silaturahmi bersama pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi bertempat di Kopi Tiam sahabat, Senin (20/3/23).

Kegiatan silaturahmi tersebut dihadiri langsung Ketua SMSI Provinsi Jambi Mukhtadi Putra Nusa, Sekretaris SMSI Pirma Satria, Bendahara Wisman dan para Wakil Ketua SMSI Provinsi Jambi. 

Dalam sambutannya Dir Intelkam Polda Jambi Kombes Bondan Witjaksono yang diwakili Kasubdit Politik Dit Intelkam Polda Jambi AKBP Bagus S menyebutkan bahwa silaturahmi ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara Polda Jambi dan pengurus SMSI Provinsi Jambi. 

Dikatakan AKBP Bagus bahwa, saat ini didalam perkembangan situasi banyak berita-berita yang beredar mengenai pemilu yang hoax dan tidak sesuai dengan fakta. Harapannya ke depan berita-berita yang akan diedarkan berdasarkan fakta yang ada.

” Kita berharap kedepannya SMSI bisa berperan aktif dalam menjaga situasi kamtibmas di Provinsi Jambi kondusif, ” ungkapnya. 

Kita tahu bahwa Media sosial saat ini jauh lebih terupdate dibandingkan Media Siber yang ada di Provinsi Jambi, dengan demikian diharapkan SMSI mampu untuk memberikan edukasi dalam pemberitaan sehingga situasi kamtibmas tetap kondusif. 

Sementara itu, Ketua SMSI Provinsi Jambi Mukhtadi Putra Nusa menyebutkan bahwa saat ini tujuan organisasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi khususnya saat ini sudah masuk tahun politik kita harus bisa memberikan masukan kepada pengurus agar tetap memberikan informasi kepada masyarakat sesuai narasumber.

” Kita dari eksternal maupun internal kita harus berbuat situasi politik Indonesia itu damai tanpa ada hal-hal yang tidak diinginkan itu sering kita diskusikan dan kita sampaikan,” ungkapnya. 

Dalan kesempatan tersebut kami SMSI bertekad untuk di Jambi itu akan mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh Polda Jambi, yang mana kalau ada berita atau hal atau media sosial yang dampaknya negatif jangan di-share tapi kalau positif tidak ada salahnya untuk dishare.

” Organisasi SMSI juga menghargai pilihan politik kawan-kawan namun tidak mengurangi tugas kita sebagai media cyber dalam tahap-tahap pemilu, ” lanjutnya. 

Selain itu, Ketua SMSI Provinsi Jambi juga telah melakukan penandatanganan MOU dengan Bawaslu untuk pemilu yang damai sehingga situasi kamtibmas tetap kondusif. 

” Kedepannya kita akan menandatangani oleh dewan pers untuk Pemilu mendatang pada dasarnya tahapan-tahapan Pilkada kami dari media cyber tetap mengikuti 1 sampai tahap pertama hingga Tahap terakhir, ” sambungnya. 

Selain itu, kami sebagai organisasi di bawah naungan dewan pers juga tunduk dan taat pada aturan-aturan tidak hanya di undang-undang tersendiri tapi juga mengikuti ada undang-undang lain yang berkaitan dengan kemasyarakatan.

Ditambahkan Sekretaris SMSI Pirma Satria bahwa tidak bisa di pungkiri bahwa saat ini kekuatan media sosial jauh lebih cepat dari media Siber, yang mana dari wadah organisasi SMSI ini kedepannya mampu untuk memberikan edukasi dalam bentuk segala macam pemberitaan. 

Untuk diketahui, SMSI Provinsi Jambi telah terbentuk dari Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Jambi yang mana saat ini juga sudah 67 Perusahaan Pers yang tergabung dalam Organisasi SMSI Provinsi Jambi. (*)

You cannot copy content of this page

Verified by MonsterInsights