Khalis Mustiko Ucapkan Selamat Bertanding Tarung Derajat Kejuaraan Tingkat Provinsi Jambi

DETEKSIJAMBI.COM ~ JAMBI – Khalis Mustiko (KM), Ketua DPD Golkar Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi mengucapkan selamat atas digelarnya kejuaraan tingkat provinsi jambi Tarung Derajat yang akan dilaksanakan di GOR Kota Baru Jambi pada tanggal 8 s/d 11 Desember 2022 mendatang.

” Selamat bertanding dan jaga Sportifitas kepada peserta Tarung Derajat,” kata Khalis Mustiko, Sabtu (3/12/2022).

Diketahui, saat ini Pengurus Besar (PB) Keluarga Olahraga Tarung Derajat (KODRAT) di Ketuai oleh Bambang Soesatyo yang notabene adalah Ketua MPR RI sekaligus pengurus DPP Golkar.

Tarung Derajat adalah seni bela diri berasal dari Indonesia yang diciptakan oleh Achmad Dradjat. Ia mengembangkan teknik melalui pengalamannya bertarung di jalanan pada tahun 1960-an di Bandung. Tarung Derajat secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai latihan bela diri dasar oleh TNI Angkatan Darat dan Brigade Mobil Polri.

Tarung Derajat dideklarasikan kelahirannya di Bandung pada 18 Juli 1972 oleh Achmad Dradjat yang biasa dipanggil Aa Boxer yang kini bergelar Sang Guru Tarung Derajat. “Box!” adalah salam persaudaraan di antara anggota Tarung Derajat. Tarung Derajat menekankan pada agresivitas serangan dalam memukul dan menendang. Namun, tidak terbatas pada teknik itu saja, bantingan, kuncian, dan sapuan kaki juga termasuk dalam metode pelatihannya. Tarung Derajat dijuluki sebagai “Boxer”. Praktisi Tarung Derajat disebut “Petarung”.

Sejak 1990-an, Tarung Derajat telah disempurnakan untuk olahraga. Pada tahun 1997, Tarung Derajat resmi menjadi anggota KONI Pusat ke 53 dengan kepengurusan bernama PB. KODRAT (Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat). Sejak itu, Tarung Derajat memiliki tempat di Pekan Olahraga Nasional.[1] Keluarga Olahraga Tarung Derajat di tahun 2021 ini sudah berada di 22 provinsi di Indonesia. Setelah diperkenalkan pada 2011 SEA Games di Palembang, tetapi Tarung Derajat tidak disertakan pada SEA Games 2013 di Myanmar. (Tim)

You cannot copy content of this page

Verified by MonsterInsights