Kopka Azmiadi Gadaikan Motor Miliknya, Bikin Dandim Terharu

DETEKSIJAMBI.COM ~ SAMARINDA, Kopral Kepala (Kopka) Azmiadi, Babinsa Sungai Dama, jadi perbincangan. Upaya dia menggadai motornya demi menyewa alat berat diapresiasi banyak orang. Ternyata motor itu digadai ke pedagang pasar.

Dilansir dari media Samarinda.niaga.asia, 19 Desember 2023, Diperlukan biaya Rp 22 juta untuk menyewa alat berat ekskavator berikut trailer. Motor Honda Beat milik Azmiadi jadi jaminannya seharga Rp 10 juta.

“Saya jaminkan juga KTP dan KTA (Kartu Tanda Anggota),” kata Azmiadi dalam perbincangan di Aula Markas Korem 091 Aji Suryanatakesuma, Jalan Jenderal Sudirman, Samarinda, Kamis.

Motor Azmiadi dijaminkan ke kenalan dia, salah satu pedagang di pasar Sungai Dama. Dengan begitu, ekskavator pun bergegas diangkut ke lokasi kejadian Jalan Otto Iskandardinata.

Tidak pernah terpikir siapa nanti yang berani memastikan akan menebus motor yang dia gadaikan.

“Kalau memang motor saya kembali, dan masih rezeki saya, pasti kembali,” ujar Azmiadi mengingat kejadian itu.

Inisiatif spontan Azmiadi menggadai motornya, akhirnya berbuah hasil maksimal. Ekskavator berhasil mengevakuasi trailer memalang di tanjakan ‘Gunung Manggah’, dan lalu lintas kendaraan kembali normal. Aksi Azmiadi mengundang kagum banyak orang.

“Saya juga berterima kasih kepada semua teman-teman relawan kemanusiaan di Samarinda, dan juga masyarakat. Tidak ada artinya juga tanpa bantuan mereka semua,” Azmiadi menerangkan.

Kopka Azmiadi Bikin Dandim Terharu

Upaya sigap Kopka Azmiadi membuat Dandim 0901 Samarinda Kolonel Arm Novi Herdian terenyuh. Dengan keterbatasan Azmiadi berpangkat Kopral justru bisa berbuat banyak bagi masyarakat banyak.

Dandim 0901 Samarinda Kolonel Arm Novi Herdian memeluk erat Kopka Azmiadi karena sangat haru dan bangga dengan yang diperbuat prajurit Kodim 0901 Samarinda itu (niaga.asia/Saud Rosadi)

Secara khusus, Novi Herdian memberi piagam penghargaan kepada Kopka Azmiadi, di Aula Markas Korem 091/Aji Suryanatakesuma, Kamis.

“Kemarin sore, saya diingatkan prajurit saya di Kodim 0901 Samarinda. Saya diingatkan, meski dengan pangkat demikian, justru bisa berbuat banyak untuk masyarakat di sekitarnya. Ini lah Kopka Azmiadi, Babinsa Sungai Dama,” kata Novi Herdian dalam sambutannya.

Suara Novi Herdian bergetar. Matanya pun berkaca-kaca. Dia tidak bisa menyembunyikan haru dan rasa bangga dia kepada Kopka Azmiadi.

“Ini mengingatkan kita bahwa apa yang kita miliki, bisa berbuat untuk masyarakat banyak,” Azmiadi menegaskan.

Aksi Kopka Azmiadi diharapkan menjadi inspirasi banyak orang utamanya personil Kodim 0901 Samarinda untuk terus berbuat baik dan bermanfaat bagi banyak orang (niaga.asia/Saud Rosadi)

Novi Herdian menyerahkan langsung medali dan penghargaan. Bahkan dia tidak segan memeluk Kopka Azmiadi. Dia juga memastikan motor Kopka Azmiadi ditebus kembali oleh pihak perusahaan.

“Dengan semua perhitungan, keikhlasan beliau, beliau gadaikan motor dengan mendatangkan alat berat itu. Sehingga lalu lintas kembali normal dan lancar, dan mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat,” terang Novi Herdian.

“Saya harap ini menjadi apresiasi banyak orang, utamanya personil Kodim 0901 Samarinda. Babinsa adalah guru terbaik bagi saya, untuk senantiasa berbuat baik kepada masyarakat di sekeliling kita,” Novi Herdian mengakhiri.(**)

You cannot copy content of this page

Verified by MonsterInsights