JAMBI  

Ketua DPD PJS Jambi Edukasi Mahasiswa Kukerta Unbari : Bijak Bersosial Media di Tahun Politik


DJ ~ JAMBI – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) angkatan 48 Universitas Batanghari (Unbari) Jambj bersama Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) Provinsi Jambi mengadakan kegiatan Diskusi Jurnalis dan Politik yang bertemakan “Peran Informasi Jurnalis di Tahun Politik 2024” pada Senin (18/09/2023).

Kegiatan tersebut menghadirkan Ketua DPD PJS Provinsi Jambi, Wahyu Jati Syawaludin dan Ketua Komisi II DPRD Tanjung Jabung (Tanjab) Barat, Suprayogi Saiful sebagai narasumber.

Diskusi ini merupakan salah satu pogram dari beberapa kegiatan mahasiswa Kukerta 48 mahasiswa Unbari yang bekerjasama dengan DPD PJS berlokasi di Aula Kantor Lurah, Kecamatan Bram Itam Kiri, Kabupaten Tanjab Barat, Provinsi Jambi.

Ketua Posko Kukerta, Danil mengatakan poskonya mengadakan kegiatan ini sebagai momentum ditahun poitik yang sering dilihat biasanya banyak di antara kita jadi terpecah belah terkait perbedaan pandangan sehingga ketika sehabis pemilupun tidak berteguran.

“Nah kegiatan ini tujuannya agar kita (masyarakat) lebih bijak lagi untuk menggunakan media sosial dan menerima serta menfilter informasi agar tidak terjebak dalam narasi-narasi yang salah atau hoaks,” katanya.

Ketua DPD PJS Provinsi Jambi, Wahyu Jati menambahkan, media berperan penting dalam mengawasi setiap tindakan pemerintah, terutama yang di luar batas kewajaran dan sewenang-wenang, serta menginformasikannya kepada masyarakat.

“Dengan adanya fungsi pengawasan dari media, media berperan penting dalam mengawasi setiap tindakan pemerintah, terutama yang di luar batas kewajaran dan sewenang-wenangan serta menginformasikannya kepada masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, kata Wahyu Jati, media juga berperan dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, Peran media ini akan memunculkan kesadaran politik masyarakat untuk ikut aktif dalam menyuarakan aspirasinya kepada pemerintah.

“Adanya wawasan mengenai politik juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk aktif dalam kegiatan politik,” pungkasnya. (*)

You cannot copy content of this page

Verified by MonsterInsights