Kuatkan Semangat Berliterasi, Andre Hariyanto Adakan Sharing Kepenulisan Gratis

Mas Andre Hariyanto mengharapkan lulusan pada kelas ini bisa menjadi jurnalis dan penulis anti Hoax dalam membangun Peradaban literasi.

DJ ~ YOGYAKARTA – Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara (YPPN) Yogyakarta sukses menggelar “Sharing Santai Kepenulisan & Jurnalistik” bersama Coach Mas Andre Hariyanto yang ditemani Moderator Ria Audina.

Laporan yang diterima dari Mahasiswi semester 7 program BKI Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN) Ria Audina, kegiatan tersebut dihadiri puluhan peserta dari kalangan dosen, mahasiswa, karyawan pemerintahan, wartawan lintas nusantara, pemimpin redaksi media massa online dan Advokat.

“Tentunya sangat bermanfaat sekali. Banyak ilmu serta pengetahuan yang dapat saya serap dan pahami dalam bidang Jurnalistik juga Kepenulisan. Saya juga alumni AR Learning Center dibawah kepemimpinan Coach Andre Hariyanto. Insya Allah akan Ikut kembali ,” Kata Erza Sudarsono peserta dari Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Badan Intelijen & Supervisi – Badan Penyelidik Nasional Ombudsman Muda Indonesia serta Alumni Certified Professional Writer AR Learning Center.

Pemimpin Redaksi Suara Utama ID dan Ini Kabar ID Mas Andre Hariyanto memaparkan menjadi Jurnalis dan Penulis harus siap segala hal dalam rintangan yang dihadapi dan menyampaikan kebenaran kepada umat lewat tulisan dan laporan.

“Hari ini bekerjalah sepenuh hati. Dapatkan berita terbaik,” tegas anak muda kelahiran bumi Majapahit ini sebagaimana acara berlangsung pada malam mingguan, Sabtu (3/2/2024).

Sharing santai Kepenulisan dan Jurnalistik bersama Coach Mas Andre Hariyanto mengharapkan lulusan pada kelas ini bisa menjadi jurnalis dan penulis anti Hoax dalam membangun Peradaban literasi.

“Kita sebagai wartawan, jurnalis, penulis harus ikhlas secara totalitas mendedikasikan karya melalui tulisan dan dakwah untuk membentengi masyarakat dari kemaksiatan dan penyakit masyarakat yang meresahkan umat. Jangan mau label wartawan bodrex,” ucap Eks Ketua Bidang Pendidikan & Jurnalistik Dewan Pimpinan Pusat Pemerhati Jurnalis Siber sekaligus Ketua Pendidikan & Pelatihan Persatuan Wartawan Republik Indonesia DPD D.I. Yogyakarta.

Sementara itu dalam sambutan manajemen redaksi Ini Kabar yang disampaikan oleh I Dewa Gede Sayang Adi Yadnya, S.E., M.Akt., M.M. CPHCM mengungkapkan, dirinya adalah seorang yang fokus menggeluti bidang ekonomi serta tidak ada pengalaman sama sekali dalam kepenulisan, sejak mengenal Redaksi Suara Utama lewat Mas Andre Hariyanto khususnya baru bisa memahami.

“Jujur saya masih minim ilmu jurnalistik dan kepenulisan. Saat bergabung dan mendapatkan bimbingan oleh Mas Andre Hariyanto, Tulisan saya akhirnya banyak dibaca orang dan merasakan banyak manfaatnya. Terima Kasih guru saya Coach master Andre Hariyanto,” terang Coach I Dewa Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Nasional Kita Indonesia Hypnosis Center (KITA IHC).

Lanjut dalam pemaparan Andre Hariyanto, CPS,CLMA,CMST,CFNLP, CT, selaku narasumber menyampaikan beberapa point penting tentang jurnalistik, penulisan dan menceritakan pengalamannya sebagai jurnalis, bahwasanya penting menjadi jurnalis dan penulis anti hoax untuk membangun peradaban literasi.

Beberapa materi penulisan dan jurnalistik seperti fungsi utama pers, teknik peliputan, dasar hukum wartawan, cara penulisan sampai kode etik jurnalis diterangkan secara gamblang oleh Mantan Staf Kantor & Humas Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Batam, Kepulauan Riau.

“Dengan belajar kepenulisan dan jurnalistik, bertujuan untuk menarik minat masyarakat ikut terjun sebagai jurnalis dengan menyampaikan fakta dan kebenaran,” jelasnya.

Mengakhiri, Founder Komunitas Taklim Jurnalistik (TAKTIK Community) ini menyampaikan agar rekan – rekan jangan khawatir sebagai jurnalis, kita semua di lindungi oleh UU pers No.40 tahun 1999 tentang pers.

“Sebagai jurnalis kita di bekali ID Card atau Kartu Tanda Anggota dan surat tugas liputan serta tercantum di box redaksi oleh perusahaan pers atau yayasan. Kita juga patuh pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Dasar hukumnya jelas, tetap semangat berkarya, tegak lurus di atas kebenaran harga mati,” tuturnya.

Sharing Santai Jurnalistik dan Kepenulisan ini terselanggarakan atas kerjasama YPPN dengan jejaringnya antara lain: Lembaga AR Learning Center, Redaksi Suara Utama, Media Ini Kabar, Komunitas Taklim Jurnalistik, Perwakilan Se Indonesia Taktik Community, Muslimah Berpena, dan Kelas Jurnalistik Official. */Aisyah Putri Widodo.(*)

You cannot copy content of this page

Verified by MonsterInsights