Festival Arakan Sahur Tradisi  Ramadhan: Akan di Buka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

Arakan Sahur Tradisi Ramadan di Tungkal Jambi Bakal Dibuka Menteri Sandiaga Uno Maret 2024.

DJ ~ TANJABBAR, – Tradisi Festival Arakan Sahur Tahun 2024 Tanjabbarat akan kembali digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi pada hari Minggu (17/3/2024) malam. 

Tradisi Arakan sahur yang sudah menjadi tradisi sejak dulu kala, dilaksanakan setiap bulan suci ramadhan. Pelaksanaan tradisi arakan suhur ini bertujuan untuk memeriahkan ramadhan, sekaligus sebagai alat membangunkan umat muslim di Kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk melaksanakan makan sahur. 

Tradisi yang diselenggarakan satu bulan penuh selama Ramadan ini memang sudah menjadi agenda rutin yang kerap dilakukan warga di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi, bahkan sudah menjadi wisata religi didaerah itu.

Festival arakan sahur kali ini rencananya akan di buka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno serta Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag Minggu (17/3/2024) di Alun-alun Kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya festival kali ini akan di isi dengan berbagai kegiatan bertema ramadhan. Salah satunya parade arakan sahur, tabuh beduk, fashion show relegi serta berbagai kegiatan bernuansa islami lainnya. 

Para peserta arakan sahur berasal dari perwakilan masjid-masjid yang ada di Kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Masing-masing peserta berlomba dengan menghias gerobak dan memainkan musik tradisional dalam pelaksanaannya.

Dalam setiap penyelenggaraannya, festival arakan sahur ini sudah dinanti masyarakat, bahkan mereka rela menunggu untuk menyaksikan instrumen dan keunikan miniatur arakan yang akan dipertontonkan. 

Masyarakat Tanjung Jabung Barat sangat antusias untuk menyaksikan serta mengikuti serangkaian acara yang ditampilkan.  

Selain itu, di festival ini masyarakat juga disuguhkan dengan macam-macam UMKM di area Bazar Ekonomi Kreatif serta penampilan Musisi Religi serta masih banyak lagi rangkaian acara yang akan berlangsung dari hari Minggu (17/3/2024) hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Dengan diselenggarakannya festival arakan sahur ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi industri pariwisata dan ekonomi masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.(*)

You cannot copy content of this page

Verified by MonsterInsights